Polisi Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Firli Bahuri Selasa Pekan Depan

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya bakal memanggil ulang Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, terkait pemeriksaan kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada, Selasa (24/10/2023).

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, surat pemeriksaan kembali tersebut telah dikirimkan kepada KPK pada, Jumat (20/10/2023). Semula jadwal pemeriksaan yang bersangkutan diagendakan hari ini pukul 14.00 WIB.

Namun, staf fungsional biro hukum KPK berkirim surat permohonan penjadwalan ulang pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus tersebut.

“Untuk dimintai keterangannya sebagai saksi pada Selasa, 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB di ruang riksa penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya,” kata Ade Safri di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Ada dua alasan yang bersangkutan belum dapat memenuhi panggilan penyidik. Pertama, pertimbangan jadwal pemeriksaan hari ini berbarengan dengan kegiatan kedinasan yang telah terjadwal lebih dulu.

Pertimbangan kedua, diperlukan waktu untuk yang bersangkutan mendalami materi pemeriksaan dilakukan penyidik Polda Metro Jaya. “Ketua KPK RI perlu waktu utk pelajari materi pemeriksaan,” ujar Ade Safri.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyampaikan, bahwa yang bersangkutan belum dapat memenuhi panggilan polisi karena jadwalnya berbarengan dengan agenda yang telah disiapkan lebih dulu.

“Mengingat pada waktu dan tanggal tersebut terdapat kegiatan yang telah teragenda sebelumnya, maka Ketua KPK belum dapat menghadiri panggilan dimaksud,” ujar Ghufron secara terpisah dalam keterangannya pagi tadi.

Polda Metro Jaya telah menaikan kasus tersebut ke tahap penyidikan sejak awal Oktober 2023. Sejumlah saksi telah diperiksa untuk membuat terang kasus dugaan pemerasan itu.

Di antaranya Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, ajudan Firli Bahuri, Kevin Egananta, Direktur Dumas KPK Tomi Murtomo, saksi ahli mantan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Mochammad Jasin. Termasuk Syahrul Yasin Limpo. (dan)

Baca Juga  KKP Dukung Sertifikasi Halal Produk UMKM

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *