Pemilik Motor Matik Wajib Tahu Info Penting Ini!

Selasa, 1 Agustus 2023 – 19:34 WIB

Jakarta – Banyak alasan mengapa sepeda motor yang termasuk dalam kategori skuter matik begitu diminati oleh masyarakat Indonesia. Alasan pertama adalah kemudahan dalam mengendarainya, ditambah lagi dengan desain yang menarik.

Baca Juga :

Pemerintah Kaji Bebaskan Pajak Impor Kendaraan Listrik

Selain itu, desain motor matik dianggap sangat ideal ketika harus melintasi jalanan yang terkena hujan. Berkat adanya dek pelindung, genangan air tidak akan menyemprot ke sepatu atau kaki pengendara.

Keunggulan lainnya adalah sepeda motor matik tidak memerlukan perawatan rantai karena roda belakangnya digerakkan oleh sabuk khusus yang terbuat dari karet campuran. Meskipun begitu, komponen ini perlu diperiksa secara berkala dan diganti ketika kondisinya sudah aus.

Baca Juga :

Mitsubishi Motors Bahas Konsumsi BBM The New SUV

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pergantian oli mesin pada skuter matik. Namun, perlu diingat bahwa oli tersebut hanya digunakan untuk mesin saja karena sistem transmisinya terpisah.

Ilustrasi cek oli motor matik

Baca Juga :

Bulan Ini Ada Pemutihan Pajak Kendaraan di 9 Wilayah, Termasuk DKI Jakarta

Meskipun begitu, komponen ini tetap memerlukan perawatan. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Federaloil pada Selasa 1 Agustus 2023, motor matik juga membutuhkan oli gardan agar dapat berfungsi maksimal.

Oli gardan berperan penting dalam melindungi dan melumasi komponen-komponen yang saling bergesekan di dalam rumah transmisi. Jika tidak diganti secara teratur, akan menyebabkan suara kasar dari rumah transmisi akibat gesekan antar komponen akibat kekentalan oli yang berkurang. Oleh karena itu, penggantian oli gardan pada motor matik disarankan dilakukan setiap 8.000 kilometer.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *