Pemerintah Tetapkan Idulfitri 2024 Jatuh pada 10 April

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idulfitri 2024 Masehi jatuh pada Rabu (10/4/2024) besok, setelah diputuskan dalam sidang isbat di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, keputusan tersebut merupakan hasil pemantauan atau rukyatul hilal di sejumlah wilayah di Tanah Air bahwa ada yang berhasil melihat hilal.

“Laporan hilal, bahwa 1 Syawal Tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu 10 April 2024,” kata Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Data hilal yang sudah disampaikan di seluruh Indonesia yaitu, pada ketinggian hilal berkisar 4 derajat 5,71 menit sampai dengan 7 derajat 37,84 menit. Serta sudut elongasi berkisar 8 derajat 23,68 menit sampai dengan 10 derajat 12,94 menit.

Data itu merupakan hisab yang dihitung secara matematis, astronomis yang sudah dihimpun Kementerian Agama beberapa waktu lalu. Di sisi lain, jarak elongasi merupakan sudut bulan dan matarahi di langit.

“Kementerian Agama selalu menggunakan dua metode menentukan awal bulan komariyah, yang saling melengkapi dan tidak bisa dinegasikan satu dengan yahg lain, yaitu hisab dan rukiyat,” jelas Yaqut.

Sidang isbat itu diikuti sejumlah perwakilan organisasi keagamaan, BMKG, ahli astronomi, perwakilan negara sahabat, dan tamu undangan lainnya.

Kemenag telah melaksanakan pemantauan atau rukyatul hilal di 123 titik di Indonesia. Kementerian Agama kemudian mendengarkan laporan dari sejumlah perukyah hilal yang bekerja di bawah sumpah pengadilan agama kabupaten/kota setempat, mulai Provinsi Aceh hingga Papua. (dan)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Berbicara di Silatnas ICMI, Anies Tegaskan Perubahan Paradigma Kunci Pemerataan Pembangunan di Indonesia Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *