Musim Kemarau di Indonesia Bukan Tanpa Banjir

Selasa, 15 Agustus 2023 – 08:05 WIB

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa musim kemarau di Indonesia kali ini bukan tanpa bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor.

Baca Juga :

Puluhan Kapal di Pelabuhan Kota Tegal Terbakar 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing diikuti secara daring di Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023, mengungkapkan fenomena tersebut terjadi meski sudah memasuki bulan ketiga prediksi musim kemarau.

“Sekali lagi bahwa kemarau di Indonesia bukan kemarau tanpa banjir. Musim hujan di Indonesia bukan musim hujan tanpa karhutla (kebakaran hutan dan lahan), selalu ada dua fenomena ini yang saling berlawanan, bahkan terjadi dalam satu provinsi,” ujarnya.

Baca Juga :

Dugaan Penyebab Halte Busway di Tendean Kebakaran Karena Korsleting Listrik Charger

Secara spasial, Abdul menjelaskan fenomena kejadian bencana pada 7-13 Agustus 2023, banjir terjadi di Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, Aceh, dan di Halmahera Utara.

Baca Juga :

Halte Tendean Kebakaran, Rute Bus Transjakarta Bakal Dialihkan

Saat ini, lanjutnya, kejadian bencana dominan memang karhutla dan beberapa cuaca ekstrem meskipun masih ada juga kejadian tanah longsor, terutama di Pulau Jawa.

Halaman Selanjutnya

Abdul mengatakan dinamikanya prediksi musim kemarau menjadi berkembang. Jika dua bulan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kemarau itu akan sampai di Agustus-September, dinamika prediksi cuaca bergeser sedikit antara September hingga Oktober.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Petugas KPPS Meninggal Dunia, KPU Ungkit Usul Metode Penghitungan 2 Panel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *