KSAD Dudung Imbau Purnawirawan Tak Pakai Atribut TNI saat Berpolitik Direspons Positif

Selasa, 15 Agustus 2023 – 18:02 WIB

Jakarta – Upaya Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman jaga netralitas TNI dari kegiatan politik praktis jelang Pemilu 2024 dapat respon positif. Dudung imbau agar purnawirawan TNI tak pakai atribut satuan TNI dalam kegiatan terkait politis.

Baca Juga :

TNI AU Siap Operasikan Drone Tempur ANKA yang Dibeli Menhan Prabowo dari Turki

Tokoh NU Muhammad AS Hikam menilai imbauan Dudung sudah cermat karena berdasarkan aturan.

“Pak Dudung bersikap hati-hati dan besikap waspada sebab bagaimanapun citra TNI di mata masyarakat kan sangat bagus. Mungkin pak Dudung khawatir kalau sampai menggunakan seragam dan lain-lain nanti seolah-olah TNI dikesankan oleh publik ikut campur,” kata Hikam saat dihubungi, Selasa, 15 Agustus 2023.

Baca Juga :

Kekosongan Jabatan di 514 Bawaslu Daerah, DEEP Indonesia: Runtuhkan Kepercayaan Publik

Menurut dia, upaya Dudung mengimbau purnawirawan itu sebagai bentuk implementasi dari norma yang ada dalam tubuh TNI. Maka itu, ia bilang komitmen Dudung jaga netralitas TNI dalam urusan politik praktis harus dihormati.

Baca Juga :

Koalisi Masyarakat Sipil Protes soal Mayor Dedi Tak Kena Pidana

Dia tak menafikan purnawirawan memang tak dilarang terjun ke politik praktis lantaran statusnya sudah jadi warga negara sipil. Namun, ia menyebut jika menggunakan atribut TNI berpotensi merusak citra TNI yang mesti dihindari.

“Normanya adalah TNI berasal dari rakyat karena itu di dalam soal politik TNI tidak mau ikut campur atau bercampur dengan politik praktis,” lanjut Hikam.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *