Kepala BPIP Perkuat Ideologi Pancasila Di Balikpapan

INFO NASIONAL – Kepala BPIP, Prof. Dr. Yudian Wahyudi, memberikan penguatan pembinaan ideologi Pancasila pada acara bertajuk “Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila: Pancasila Memperkokoh Persatuan dalam Berbangsa dan Bernegara” di Gedung Aula Balaikota, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat, 11 Agustus 2023.

Dalam pidatonya, ia mengajak hadirin selalu bersyukur akan nikmat kemerdekaan dan anugerah Pancasila yang menjadi dasar, fundamen, ideologi, dan pandangan hidup yang diwarikan para pendiri bangsa.

“Kita patut berterima kasih kepada para pahlawan, para pejuang, dan para pendiri bangsa yang telah mewariskan Pancasila untuk kita rawat dan kita jaga. Hebatnya Proklamasi Indonesia membuat kita semua bersyukur, karena Proklamasi negara adalah yang terhebat di muka Bumi ini sepanjang sejarah, di tengah-tengah Perang Dunia II,” tuturnya.

Indonesia juga patut bersyukur karena tetap bersatu di saat banyak negara lain terpecah belah hanya karena perbedaan etnis, suku, dan juga keyakinan. Mereka saling menyakiti satu sama lain, saling menindas satu sama lain, tanpa ada iktikad bersama untuk saling menghargai satu sama lain.

“Hanya di Indonesia saja, anak-anak bangsa jajahan pada saat itu berikrar Sumpah Pemuda melawan penjajah. Hanya terjadi di Indonesia saja, sultan-sultan dan para penguasa dengan ikhlas menyerahkan negara mereka dengan segala konsekuensi konstitusionalnya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang waktu itu hanya sekadar nama. Karena hal-hal tersebut itulah, prestasi yang kita miliki belum bisa terpecahkan oleh negara manapun di muka Bumi ini,” tutur Prof. Yudian.

Ia juga berpesan agar masyarakat selalu menjaga persatuan dan kerukunan dalam Pemilu yang akan datang. “Para pejabat publik, para tokoh agama, adat, dan juga tokoh masyarakat memiliki peran penting untuk memberikan pemahaman dan pengertian yang baik akan pentingnya Pemilu rukun dan damai. Jangan hanya karena berbeda pilihan, kita saling bermusuhan satu sama lain.”

Baca Juga  Jelang Pergantian Tahun, Menteri ESDM Pastikan Operasional Pertamina Berjalan Optimal

Selanjutnya, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP, Ir. Prakoso menegaskan bahwasa ideologi Pancasila harus ditanam terus menerus.

Iklan

“Pancasila menjadi ideologi pemersatu kita, Pancasila menjadi falsafah, Pancasila menajdi dasar negara kita, Pancasila menjadi bintang penuntun kemana negara ini akan dicapai, Pancasila mempunyai nilai-nilai yang harus diaktualisasikan bersama,” ujarnya.

Menurutnya, hanya Pancasila yang mampu menjadi pemersatu lebih terdiri lebih dari 17.000 pulau negara Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

“Terlebih lagi akan adanya pemindahan ibukota dari Jakarta ke IKN dan majunya era digital, masing-masing dari kita dimulai dari diri sendiri untuk tetap selalu menjaga persatuan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan pembukaan UUD 1945, merdeka, berdaulat, adil & makmur.”

Acara ini mendapat apresiasi dari Walikota Balikpapan melalui Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin. “Kita harapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila dikalangan aparatur pemerintah kota dan masyarakat umum dalam kehidupan bermasyarakat, berangsa dan bernegara,” ucapnya.

Menurut Muhaimin, ASN memegang peranan penting serbagai salah satu perekat bangsa juga perannya dalam mengantarkan  Indonesia menjadi bangsa yang maju di tengah tantangan global.

“Kita harus terus menerus membumikan Pancasila agar persatuan dalam berbangsa dan bernegara semakin kuat dan kokoh. Sebagimana disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, bukan dogma ideologi yang kaku, melainkan nilai-nilai luhur yang adadtif, inovatif dan kreatif untuk menyikapi tantangan dalam raga skala regional, nasional, maupun global,” kata dia. (*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *