Jadi Tersangka, Ini Daftar Bisnis Panji Gumilang Selain Ponpes AL Zaytun

TEMPO.CO, Jakarta – Setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama, ujaran kebencian, dan penyebaran berita bohong atau hoaks pada Selasa, 1 Agustus 2023, sejumlah bisnis milik Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang kini menjadi sorotan. 

Panji Gumilang diketahui memiliki harta kekayaan bernilai fantastis berupa aset tanah 2,3 juta meter persegi dan 256 rekening dengan nilai transaksi Rp 15 triliun. Kekayaannya itu rupanya tidak hanya bersumber dari Pondok Pesantren Al Zaytun yang dikelolanya saja, tapi juga dari sejumlah bisnis lain yang dia miliki.

Lantas, apa saja daftar bisnis Panji Gumilang? Berikut rangkumannya. 

1. Galangan Kapal

Selain Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang menjalankan bisnis berupa galangan kapal yang berada di Indramayu, Jawa Barat. Usaha yang dikomandoi langsung oleh Panji Gumilang itu dilengkapi dengan mesin dan peralatan untuk membangun kapal. Sejak 2021, galangan kapal tersebut telah membuat dua buah kapal nelayan, masing-masing dengan kapasitas maksimal 2.200 gros ton.

Namun saat ini, galangan kapal milik Panji Gumilang itu telah disegel Pemerintah Kabupaten Indramayu, karena dianggap tidak berizin. Merespon hal itu, Panji Gumilang menyebut Izin Mendirikan Bangunan (IMB) galangan kapal telah diurus sejak tahun 2021.

Selanjutnya: 2. Penggergajian Kayu….



Quoted From Many Source

Baca Juga  DJ Soda Alami Pelecehan Seksual saat Tampil di Jepang, Beri Peringatan ke Netizen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *